Tips Menyimpan Makanan di Wadah Plastik

Pada zaman sekarang ini, penggunaan wadah plastik sudah tidak bisa dihindari lagi. Dimulai dari kantong kresek yang harganya murah sampai wadah plastik khusus makanan yang ramah lingkungan yang harganya lumayan.


Agar makanan Anda tetap terjaga rasa dan kualitasnya maka gunakan wadah plastik khusus sesuai peruntukannya, ada wadah plastik yang dapat digunakan di freezer, di microwave dsb, perhatikan label yang tertera di wadah plastik.


Berikut adalah cara menyimpan makanan menggunakan wadah plastik agar kualitas dan rasa makanan tetap terjaga::

1. Untuk Makanan kering

Simpan makanan kering seperti sereal, crackers, beras dan bahan makanan dapur lainnya di tas plastik tertutup. Keluarkan udara sebanyak mungkin yang ada dalam tas plastik lalu rekatkan tutup dengan rapat. Simpan tas plastik yang berisi makanan di lemari makanan atau dapur.

2. Untuk Menghangatkan Makanan di Microwave

Gunakan hanya wadah plastik yang aman digunakan di microwave, perhatikan label penggunaan wadah plastik. Buka tutup wadah plastik agar tekanan udara panas tidak terjebak dalam wadah sehingga dapat menyebabkan ledakan. Contoh wadah plastik yang dapat digunakan adalah lock n lock.

3. Untuk Makanan yang harus didinginkan
Isi wadah plastik atau tas plastik tertutup dengan makanan yang harus disimpan di kulkas. Kurangi sebanyak mungkin udara dari wadah plastik atau tas plastik sebelum direkatkan. Tandai wadah dengan menuliskan jenis bahan makanan dan tanggal jika dibutuhkan. Termasuk tanggal kesegaran makanan, jika ada.
Tetap perhatikan barang makanan yang disimpan di kulkas agar Anda digunakan sebelum kadaluwarsa.  Cek makanan sebelum digunakan untuk memastikan makanan tersebut tidak rusak.

4. Untuk Makanan beku
Simpan makanan di wadah plastik pembekuan untuk jangka waktu penyimpanan yang cukup lama. Jika makanan tersebut berupa cairan atau mengandung cairan, pastikan Anda menyisahkan ruang sekitar 1 inci di bagian atas wadah karena kemungkinan makanan akan menjadi lebih banyak.
Makanan sisa, masakan, sayuran yang telah direbus, buah-buahan yang telah direbus, dan makanan dipanggang bisa dibekukan untuk waktu yang lama. Beri tanda pada wadah dengan mencantumkan jenis makanan dan tanggal lalu simpan di freezer. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan makanan kurang dari setahun. Untuk wadah plastik yang harus masuk ke dalam freezer pun harus wadah plastik khusus tahan suhu dingin, dengan ketebalan agak tebal untuk tas plastik. Saya pernah menyimpan makanan dalam wadah plastik biasa di dalam freezer dan akhirnya wadah plastik tsb malah pecah.
Contoh wadah plastik yang aman digunakan untuk makanan beku adalah lock n lock.

5. Makanan dengan masa simpan singkat

Bungkus beberapa makanan menggunakan plastik wrap untuk makanan dengan jangka waktu penyimpanan yang singkat. Bungkus roti atau beberapa makanan dipanggang menggunakan plastik wrap. Anda bisa menyimpannya di suhu ruangan untuk beberapa hari.
Pastikan bungkusannya merekat rapat dan tidak ada celah yang memungkinkan udara masuk ke dalam makanan karena dapat membuat makanan menjadi basi. Karena pada dasanya bakteri atau jamur lebih suka pada makanan yang banyak air dan udaranya.
Jangan lupa tanggal kadaluarsa harap selalu dicantumkan dalam wadah.

Semoga tips menyimpan makanan di wadah plastik agar tetap awet dan kualitas terjamin dapat membantu teman semua.




Comments