Cara Aman Berbelanja Online

Maraknya penipuan di dunia maya mewajibkan kita harus ekstra hati-hati saat bertransaksi di dunia internet.

Berikut adalah cara aman berbelanja online agar kita semua terhindar dari penipuan:



1. Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh suatu website, apalagi harga yang ditawarkan sangat jauh sekali dengan harga pasaran. Biasanya para penipu menjerat korbannya dengan harga murah.

2. Periksa website penjual, lihat testimoni yang ada atau bukti resi kalau ada. Cek juga apakah ada label / banner bahwa website tsb terpercaya misalnya mencantukam logo polisi online. Bila ada, klik logo tsb apakah benar website tsb terdaftar sebagai website yang aman dan terpercaya. Salah satu contoh toko online yang terpercaya tsb adalah www.bluesky.web.id.


3. Simpan nama website, nomor kontak penjual, bukti percakapan, bukti transfer sampai barang yang Anda beli sampai di tangan Anda. Bila barang yang Anda beli tidak sampai atau ada keluhan tapi tidak ada respon dari penjual silahkan laporkan juga website tsb ke www.polisionline.com dan data yang tadi bisa menjadi barang bukti.

4. Karena maraknya penipuan barang elektronik / gadget maka sebaiknya untuk pembelian barang elektronik / gadget menggunakan sistem COD (cash on delivery).

Sekian tips menghindari penipuan belanja online, semoga kita semua terhindar dari kasus seperti itu.

Comments